Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia

Asuransi menjadi pilihan banyak orang dalam meminimalisir berbagai resiko dengan bekerja sama dengan perusahaan asuransi tertentu. Asuransi ini juga dapat dikatakan sebagai jasa keuangan yang memegang sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi dan selaku penanggung dan pihak kedua adalah masyarakat yang sebagai tertanggung, dengan wajib membayar iuran tertentu atau biasa disebut dengan premi dengan tujuan memberikan penggantian atas berbagai risiko seperti kerugian, kerusakan, kematian, kehilangan maupun keuntungan yang diharapkan, dan terjadi atas peristiwa yang tidak terduga.

Pengertian asuransi ini bisa mencakup luas dan umum, sehingga banyak orang yang tidak paham akan defenisi dari asuransi tersebut. Nah untuk mengetahui apa pengertian asuransi secara umum, disini admin sudah memberikan penjelasan pada postingan sebelumnya, bagi anda yang ingin tahu apa pengertian dari asuransi silahkan baca penjelasannya berikut ini.
Baca : Pengertian Asuransi Secara Umum

Tahukah anda bahwa asuransi dapat dibagai dan dikelompokkan menjadi berbagai jenis, yaitu bergantung atau sesuai pada fokus dan resiko. Jadi fokus dan resiko ini yang akan menjadi acuan perusahaan dalam menetapkan premi dan untuk mengantisipasi kerugian dan menentukan tingkatan premi yang harus dikeluarkan oleh anggota asuransi sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Setelah kita tahu apa itu asuransi, maka kira-kira asuransi itu ada berapa banyak sih? Mungkin ada diantara kita yang bertanya-tanya ada berapa jenis-jenis asuransi di Indonesia. Nah pada kesempatan kali ini AKI ( Asuransi Keluarga Indonesia ) akan membagikan sedikit informasi tentang Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia. Sehinga dengan adanya informasi tersebut kita bisa tahu sedikitnya berbagai macam asuransi yang ada di Indonesia.

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia
Beberapa Perusahaan Asuransi Di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia


1. Asuransi Jiwa

Apa asuransi jiwa itu? Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang memberikan tanggungan finansial kepada tertanggung dalam asuransi ini apabila terjadi kematian. Asuransi jiwa ini dapat dibeli untuk diri sendiri maupun untuk orang ketiga. Tetapi itu semua tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing. Karena seiap perusahaan asuransi pasti memiliki perbedaan dalam hal ketentuan dan syarat.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan ini atau biasanya kita kenal dengan nama ASKES, merupakan asuransi yang menjamin para tertanggung asuransi dalam hal kesehatan. Semua jenis pengobatan kesehatan yang masuk dalam asuransi ini akan ditanggung oleh perusahaan pemegang asuransi tersebut. Untuk jenis dan ketentuan juga tergantung pada masing-masing perusahaan asuransi.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah salah satu jenis asuransi yang banyak diminati, karena asuransi ini dapat memberikan jaminan berupa pendidikan yang layak untuk masa depan anak-anak kita. Ada banyak perusahaan asuransi pendidikan yang ada di Indonesia.

4. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi kendaraan ini merupakan asuransi yang menjamin kendaraan yang di asuransikan bila terjadi sesuatu hal yang menyebabkan kita kehilangan atau kerusakan kendaraan. Sebagai contoh yang sering diminati banyak orang adalah jenis asuransi mobil. 

5. Asuransi Rumah dan Properti

Asuransi jenis ini bisa sebagai aset yang nilainya cukup berharga. Jadi biasanya para pemilik rumah maupun properti akan mengasuransikan rumah meupun properti milik mereka guna melindungi diri dan seluruh aset miliknya mereka.

6. Asuransi Kredit

Asuransi kredit ini merupakan asuransi yang berhubungan dengan jasa perbankan, umumnya pada bidang kredit. Adapun tujuan dari asuransi kredit ini adalah untuk melindungi bank atau lembaga keuangan yang lain dari resiko apabila terjadi kemungkinan tidak mendapatkan kembali kredit yang dipinjamkan kepada para nasabah. Selain itu juga membantu memberikan pengarahan dan keamanan dalam bidang perkreditan. Di Indonesia sendiri untuk pengelola asuransi kredit ini pemerintah mempercayakan kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lagi Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia yang ada, namun dari sekian banyak asuransi yang ada di Indonesia, mungkin beberapa asuransi diatas menjadi banyak pilihan. Dialin waktu akan kita sambung dengan asuransi yang lain. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia"

Posting Komentar